Hari ini

Hari ini, apa yang saya dapatkan dalam setiap "hari ini" setiap harinya? Apakah hanya sibuk membunuh waktu tanpa tahu apa yang kita sudah lakukan pada "hari ini", entah itu tentang jiwa, raga, rasa, uang, cinta, kebencian, rasa sedih, penghargaan, pekerjaan, dan banyak hal lagi yang bisa kita ceritakan pada "hari ini". Kemarin, dalam suatu perjalanan pulang, setelah selama 8 jam menyelam dalam pekerjaan yang rutin membuat saya melayang pada sebuah masa dimana ada rasa benci yang menggantung didalam asa, dalam kalbu yang seharusnya bersih, tapi kejadian masalalu yang selalu datang tanpa diundang juga membangkitkan kembali memoar sedih dan kebencian yang menyergap tanpa memberi saya ruang untuk berpikir dan merenungkan setiap kejadian yang ada, tapi hari itu lain, hari itu ketika saya sedang menikmati rintik hujan saat dalam perjalanan pulang saya berpikir tentang satu hal, saya berkata dan berpikir "Bukankah Pengampunan adalah wujud pembalasan yang paling telak?" entah darimana pikiran itu berasal, apakah memang jauh dalam hati saya, saya sudah memaafkan masalalu tanpa saya ketahui?, kenapa semuanya menjadi begitu menenangkan ketika saya berkata dalam hati memaafkan bukan betarti kamu kalah, karena sejatinya memaafkan setidaknya membuat kamu semakin menjadi benar, jika kamu tidak memaafkan dan menyimpan kebencian maka untuk kesalahan kesalahan yang kamu perbuat pun apakah pantas untuk dimaafkan? Jika kamu menyimpan semua kebencian itu secara terus menerus, apakah itu akan membuat kamu menjadi benar atas kesalahan kamu pada orang lain?, lepaskanlah kebencian itu, jangan jadikan itu sebagai bara yang akan membakat hatimu secara perlahan, jika kamu marah maka marahlah tapi jangan simpan itu sebagai kebencian yang dalam yang seperti kamu simpan pada masa lalu kamu selama ini. 
Hidup ini terlalu singkat untuk untuk membenci seseorang, atau beberapa orang, atau tempat, masa, atau apapun itu. It feels like welcome to your freedom yuli, since you burn your heart with something now you find an oase which calm your heart down, and you'll be someone new after all. Acceptance might be difficult but it makes you feel free anyway.


Start a very new day with no fire in your heart


Komentar