Grandparents..

I really missed my late grandfather so much..
Sejak kelas 4 SD, salah satu kakek saya kembali kepada Sang Pencipta itu adalah salah satu peristiwa yang memukul saya dengan telak. Kehilangan sosok seorang kakek yang begitu saya sayangi dan menyayangi saya, kakek yang selalu menjadi kakek idola bagi saya, kakek yang setelah beliau tidak ada membuat saya jauh berubah dari sebelumnya. 
Dongeng-dongeng masa kecil yang aku dengar bukanlah dari buku bacaan anak-anak yang seperti orang lain miliki, tapi dari mulut seorang kakek penuh kasih yang selalu tersenyum dan tertawa tidak peduli betapa nakalnya saya waktu itu, kakek yang memiliki sebuah radio tua untuk mendengarkan acara wayang diwaktu istirahatnya sepulang dari kegiatannya sehari-hari, kakek yang memiliki topi unik yang selalu saya pakai dan memiliki sebutan tersendiri untuk topi itu, hingga detik ini saya masih mengingat dengan jelas detail rasa, peristiwa, wajah dan segalanya tentang kenangan masa kecil itu, karena satu-satunya yang bisa saya simpan hanya kenangan karena tidak ada secarik foto pun yang bisa membuat saya melihat rupa serta peristiwa masalalu, tapi syukurlah kenangan-kenangan itu masih melekat kuat dalam ingatan saya, dan jujur saja hingga saat ini saya tidak seperti kehilangan beliau secara emosional hanya saja memang ketika saya pergi kerumah kakek dan nenek saya semuanya berbeda, benar-benar sepi dan kehilangan itu menjadi nyata. Beliau sebenarnya adalah kakek buyut saya, Alhamdulillah kakek nenek saya masih ada dari pihak ibu tapi tetap saja berbeda, karena saya sudah terlalu menganggap kehilangan sosok kakek setelah Alhmarhum meninggal. Kasih sayang yang tulus memang akan sampai walaupun waktu berubah, raga tak terlihat, tapi kenangan akan tetap tertanam kuat.

Saya memang tak bisa lagi melihat senyuman kakek saya, tak bisa mendengar ceritanya, tak bisa ikut ke sawah yang beliau garap seperti waktu lampau, saya juga belum bisa memberikan apa-apa sebagai cucu karena beliau pergi terlalu cepat, saya hanya bisa berdoa karena memang itulah satu-satunya cara agar saya bisa tetap merasakan bahwa saya pernah diberikan sosok kakek yang begitu hebat..

In your sleep, I pray that God will always keep you blessed...
When I close my eyes, I can see how sweet your smile for us
In your deep sleep, I pray you'll be happy
In your deep sleep, I pray that we'll met in our next life Abah and I'll say thank you for telling me so much story in my childhood
I've missed you so much Abah...

Komentar