Self Talking ?

Hari ini sebenarnya bukan kali pertama aku mencari informasi mengenai "Orang yang sering melakukan dialog dengan diri sendiri" di google, sedang merasa khawatir takutnya kebiasaan saya ini adalah sesuatu hal gangguan psikologis atau sebagainya. Saya takut kalau kebiasaan ini mungkin adalah gangguan psikis yang dapat mengganggu kesehatan mental saya sehingga saya memutuskan untuk mencari informasi mengenai kebiasaan yang sudah saya lakukan sejak saya berada di sekolah dasar ini.

Menurut hasil pencarian yang saya lakukan, kebiasaan berdialog atau bicara kepada diri sendiri itu namanya "Self Talking", katanya hal ini tidak bersifat negatif ketika kita masih dapat mengendalikannya dan ketika pembicaraan kita dengan diri kita sendiri ini masih membahas masalah normal. Normal dalam artian tidak masih dalam kendali diri sendiri sepenuhnya. Menurut informasi yang saya dapatkan juga ( maaf tidak mencantumkan sumbernya) berdialog atau monolog dengan diri sendiri ini bisa sangat membantu, karena biasanya para pelaku "Self Talking" ini memiliki teman diskusi yang tahu dengan benar siapa diri kita yah karena memang berbicara dengan diri sendiri sehingga akan terhindar dari sebuah perilaku yang kurang baik.

Opini saya dan pengalaman saya selama ini, memang berdiskusi dengan diri sendiri untuk saya adalah untuk mengetahui apakah sebuah keputusan yang saya ambil itu tepat atau tidak, apakah perilaku yang saya lakukan sebelumnya itu baik atau buruk, jika dipikir kembali dialog dengan diri sendiri ini semacam memiliki konsultan pribadi mengenai segala hal. Dalam keadaan saya sedang down karena sesuatu hal, maka diri saya ini menasehati saya bahwa keadaan down tersebut jangan berlarut-larut. Dialog saya dengan diri saya sendiri ini berjalan sepanjang waktu, maka dari itu ketika saya berada dalam sebuah pembicaraan saya lebih banyak diam dan mendengarkan, menilai dan mendiskusikan apa yang mereka bicarakan dengan diri saya sendiri. Jika saya sedang sendiri terkadang dialog saya ini saya suarakan dengan dialog verbal bukan hanya sekedar pikiran saja, kadang memarahi diri sendiri adalah hal yang sangat lucu jika saya berbuat salah.

Sedikit lega mengetahui kalau kebiasaan ini adalah sebuah perilaku normal..

Komentar

  1. aku juga sering browsing tentang ini... dulu juga aku mikir jangan2 aku punya gangguan kejiwaan.. :( tapi ternyata banyak juga orang yang punya kebiasaan yang sama. klo yang sering aku lakuin, aku kayak lagi ngobrol sama orang lain tapi sebenernya orang itu nggak ada. setelah aku pikir-pikir kebelakangan, itu mungkin karena aku nggak pernah nemuin orang yang bisa diajak diskusi, yang paham isi kepalaku dsb. tapi itu baru hasil dari setengah pencarian.. hahahaa..

    BalasHapus

Posting Komentar