Nama Saya "Yuli Yuliani"

Ada yang salah ya dengan nama saya? , banyak sekali hal yang terjadi berkaitan dengan nama saya ini.. Ah tapi jika dilihat-lihat sepertinya tidak ada yang salah, banyak saya temukan nama yang sama persis dengan nama saya ini, haha mungkin nama pasaran. Tapi entahlah, setiap saya pergi kemanapun lalu berurusan dengan administrasi yang menyebutkan nama pasti ada hal lucu sampai hal yang menyebalkan terjadi.
Saat awal kuliah beberapa tahun lalu, saya masih ingat pas mata kuliah matematika ekonomi dulu, dosen saya melakukan absen panggil dan saat tiba giliran saya beliau berkata " mbak, namanya yuli yuliani ya, kok diulang-ulang pemborosan kata ini.." lalu beliau dan seisi ruangan kuliah tertawa, saya sih cuma bisa tersenyum saja, dan mulai saat itu saya agak sebel sama bapak dosen itu..wkwk
Setelah kejadian itu, lalu beberapa dosen juga mengomentari nama saya ini, komentarnya macam-macam ada yang bilang "namanya gak kreatif" lalu ada yang bilang "lucky name", ada juga yang nanya "mbak, kalau misal orang sunda, memang wajib ya namanya diulang-ulang begitu?", sampai pada saat saya sakit thypus pada tahun 2013 hal yang lucu terjadi antara saya dan bapak-bapak petugas adminnya, waktu saya mau daftar untuk cek lab di PMI Purwokerto seperti biasanya ditanya nama, umur, dll. Sudah ketahuan nama saya yuli yuliani, lalu bakap itu bilang " wah orang sunda ya mbak?" entah apa yang lucu, mereka tertawa lalu ditanya nama orang tua dan yang ditanya adalah nama Bapak saya , saya jawab " Emuh Muhtadin" setelah itu ada sesuatu yang menggelitik hati saya, betapa semakin kuat sangkaan mereka terhadap ciri khas nama orang sunda yang diulang setelah mereka mendengar nama Bapak saya, sungguh kombinasi yang menggambarkan sunda nama saya dan nama Bapak saya..

Yuli Yuliani. Bisakah kalian menebak pada bulan apa saya dilahirkan?
Jika kalian menjawab bulan Juli, saya memaklumi itu karena banyak orang yang menduga seperti itu karena katanya nama saya "yuli" jadi pasti lahirnya bulan "Juli", but you're wrong because I was born in June.. Banyak teman saya yang protes, " lah kalau lahirnya bulan Juni kenapa nama kamu bukan Yuni? Kok malah Yuli?" itu adalah protes dari teman saya yang bernama Yuni dan dia lahir pada bulan Juni.. "berarti kamu Yuli di bulan Juni ya? haha mirip judul film" komentar lainnya lagi, dan anak ini selalu mengajukan pertanyaan dan pernyataan yang sama ketika berkaitan dengan nama saya, entah berapa puluh kali ia bertanya pertanyaan yang sama dan saya juga menjawab dengan jawaban yang sama " gak tau yun, ibu saya yang ngasih nama, kakek buyut saya juga yang kasih nama yuliani nya, katanya nama salah satu Ratu Belanda : Juliana", tapi enatah anak ini lupa atau iseng, dis tetap bertanya kenapa nama saya yuli kalau saya lahir di bulan juni... Sekarang sih udah gak ketemu anaknya, kangen juga ditanya hal itu haha..

Kisah Yuli Yuliani yang lainnya adalah : Salah Nama...
Saya aneh banget deh kalau sama kejadian ini, kurang gampang apa coba nama saya ini? hanya terdiri dari dua suku kata yang sama yaitu YULI dan YULIANI, gampang sekali bukan? tapi entah kenapa banyak sekali kejadian salah nama yang saya alami.
Nama saya sering berubah, mulai dari yang mirip-mirip misalnya jadi Yuli Yulianti, Yuli Yuliana, Yuli Yuliasni, sampai ke nama yang jauh banget sama nama saya yaitu Yati... Kejadian pertama adalah Ijasah SD saya, dulu namanya berubah jadi Yuli Yuliana, lalu pas saya menghadiri seminar nama saya jadi Yati, terus pas saya test Toefl nama saya jadi Yuliasni.. Kemarin hal yang paling baru adalah nama saya berubah menjadi Yuli Yulianti pas saya melakukan test kesehatan di Rumah Sakit. Menilik hal tersebut saya jadi berpikir bahwa nama yang paling susah dan unik adalah nama yang gampang sekali atau susah sekali..

Kejadian-kejadian unik mengenai nama saya ini lama-lama menjadi hal yang membuat saya sayang fanatik dan suka sekali dengan nama saya ini...
Nama ini, adalah nama yang disukai Ibu saya ketika dia masih kecil dulu. Nama ini adalah nama yang Ibu saya cita-citakan ketika ia punya anak, dan nama ini adalah nama yang diridhoi oleh semua keluarga saya.. Gak perlu malu masalah nama yang sering mendapat komentar, karena nama ini memang takdir yang sudah tersemat dalam diri kita... Nama adalah sesuatu hal sederhana, yang tanpa disadari dapat membuat kita bangga dan membentuk jati diri kita.. Saya bangga mempunyai nama ini, nama khas sunda yang mudah diingat.


Tasikmalaya, 05 Januari 2014.. In my room, Evening...


YULI YULIANI

Komentar