Ibu-ibu lucu

Selama 3 minggu jadi pengangguran dirumah, kerjaannya ya cuma jaga warung aja. Banyak cerita lucu sampe cerita yang bikin sebel nih selama "magang" dirumah ini haha.. Jadi pedagang itu emang ya mental kita harus kuat, harus sabar, harus ramah, harus baik hati dan gak mudah kesinggungan, sama harus bisa ngitung yang paling penting. Ada banyak pembeli dengan beragam sifat dan karakter yang saya temui, ada ibu-ibu yang kerjanya nawar terus, ada yang beli sayur aja kayak beli baju kal misal istilah bahasa sunda nya mah "berewit", terus ada juga yang mukanya kayak ngajak berantem, ada yang kalo misal ditanya mau beli apa tapi diem aja, ah banyak lah... Tapi ada satu sosok ibu-ibu atau lebih tepatnya nenek-nenek yang paling saya tunggu setiap hari, nenek ini lucu banget cara ngobrolnya soalnya cara bicaranya itu kayak anak-anak. Mungkin karena sudah sepuh jadi sikap beliau jadi kembali seperti anak-anak. Kalau misal ini ibu-ibu dateng belanja pasti manggil dari luar " neng lilis" dengan nada seperti anak kecil nyamper temennya buat main, semenjak itu kita suka ngeledekin ibu saya bilang neng lilis neng lilis, tiap ibu itu dateng kita pasti bilang "mah tuh ada yang nyamper", ini ibu-ibu soalnya cuma mau dilayanin belanjanya sama ibu saya aja, kalo saya atau bapak yang jaga dia suka gak mau, gatau kenapa.
Sederhana sih tiap hari dirumah, tapi lumayan lah ngelatih kesabaran, melatih komunikasi sama orang, latihan pegendalian diri juga, soalnya kalo kurang sabar sih bisa aja berantem atau ngejudesin yang belanja, tapi kan ya gak boleh gitu, mau gimana juga karakter dan sifat manusia beda-beda. Gak nyangkan kalau ternyata toko atau warung ini adalah perpustakaan mini manusia karena kita bisa lihat berbagai macam sifat manusia.

Buat orang seperti saya, yang punya termpramen tinggi, sensitif, dan kaku, hal ini merupakan tantangan yang berat banget karena kalopun kesel sama pembeli tetep harus senyum, tetep harus ramah. Ada sih pengalaman sekitar 2 tahun lalu, ada anak remaja lah ya cewek dia beli apa lah saya lupa tapi sikap tuh anak tuh jutek banget, udah saya ramahin juga sikapnya naujubillah banget, akhirnya sikap pendendam saya keluar, sampe detik ini kalau anak itu belanja kesini saya gak pernah senyum sedikitpun dan ngomong sama dia pake intonasi super datar, salah sih tapi untuk kasus yang itu saya emang paling sebel. Tuh anak nyengir2 juga sebel aja liatnya..

Itulah curahan hati seorang penjaga toko. Buat kalian pembeli, kalau beli pliss banget jangan ngeselin yang dagang ya, jangan lampiasin kalo ada masalah ke orang lain juga. Pembeli itu manusia, tapi jangan lupa kalo pedagang juga sama manusia... hehe

Danke :)



Komentar