Romansa Anak-anak " Sekolah Dasar Negeri Sukadami 1998-2004"

       Gak kerasa , udah hampir 10 tahun meninggalkan sekolah kecil sederhana yang bernama SD Negeri Sukadami, sekolah kecil disebuah kampung kecil yang menyimpan sejuta kenangan tentang 34 orang anak yang memiliki karakter berbeda dengan mimpi-mimpi mereka yang berbeda pula. Dulu, saking tidak terkenalnya sekolah dasar ini sewaktu saya masuk SMP teman-teman baru saya bertanya , " dulu SD kamu dimana?. "saya menjawab "SD Sukadami :) ", wajah mereka sedikit bingung dan bertanya " Itu dimana?, gak pernah denger..hehe".. Agak malu juga tapi setelah dipikir, mengapa harus malu toh pada saat itu juga saya cuma tau nama-nama SD yang ada di kecamatan Mangkubumi saja jai kenapa harus mempermasalahkan hal itu?
       Sudah lama sekali saya tidak pernah bertemu dengan teman-teman semasa saya sekolah dasar dulu, teman-teman yang membuat hidup saya sangat berwarna, teman-teman yang menyadarkan saya bahwa dulu ternyata saya pernah menjadi seorang sosok ekstrovert yang berani berbicara, ceria, lantang, dan senang berkomunikasi dengan banyak orang, mereka teman-teman yang memberikan saya semangat setiap hari, teman-teman yang membuat saya ingin cepat-cepat waktu pagi setiap harinya...
        Banyak sekali cerita yang tertinggal dibelakang, ada senang, sedih, sebal, kesal, kebanggan, kenakalan, bahkan kemarahan. Tempat dimana saya merasakan persahabatan, little crush, dan masih banyak lagi. Dimulai dari kelas 1 sekitar 16 Tahun yang lalu saya masuk ke sekolah dasar itu setelah melalui masa taman kanak-kanak di TK Mangkubumi, persis setelah era orde baru berakhir ternyata, dulu waktu pertama kali masuk sekolah muridnya satu kelas berjumlah sekitar 40 orang, hari pertama adalah hari yang berkesan dimana bertemu teman-teman baru yang kebanyakan tidak dikenal, namun sebagian juga banyak yang sudah dikenal karena ada beberapa orang saudara saya yang juga satu kelas. Teman satu bangku pertama saya adalah Rista, sosok anak berbadan kecil dengan segala mimpi dan fantasi dalam pikirannya, imajinasinya berkembang bebas sampai terkadang kurang masuk akal jika sekarang diingat-ingat kembali hal yang sering saya lakukan sepulang sekolah adalah bermain kerumahnya karena rumah teman saya ini berada dekat dengan rumah saya dan setiap kali saya main disana almarhum Ibunya selalu membuatkan telur goreng dan rasanya enak sekali, sayangnya rista harus pindah pada saat kelas 3, teman satu bangku saya yang pertama tidak lulus bersama saya dan hingga saat ini saya tidak pernah bertemu kembali dengan rista :( 

        Selepas rista pindah sekolah, saya duduk satu bangku bersama teman saya yang lain namanya Nova Sapari, perawakannya kecil tinggi (karena yang badannya besar hanya saya sepertinya), dia adalah teman yang akhirnya satu geng ibaratnya dengan saya bersama Penia dan Gita, kalau diingat-ingat rasanya kelakuan "geng" saya waktu sd itu benar-benar bossy, menyebalkan, dan galak..hehe Kami berempat masih sering bertemu walaupun tidak sering saat ini karena mereka Nova dan Gita sudah memiliki kehidupan rumah tangga dan memiliki anak, tinggal saya dan penia yang belum menyusul mereka menikah hehe..
Nama teman-teman sekelas saya sewaktu SD yang bertahan sampai lulus adalah : Ai Santi, Ai Nurjanah, Nuni Ruhaeni, Neni Nuraeni, Shaleh Sugiana, Ruli Sugianto, Egi Rizki Permana, Indra Purnama Putra, Tatang Suparman, Ridwan Ali, Roni, Hilman Hidayat, Hasanuddin (orang yang paling jarang masuk sekolah), Irma, Winwin, Penia Pimalya, Nova Sapari, Gita Nurmala Dewi, Siti Rohimah, Dede Tian Setiawan, Hery Hernawan, Sholeh "pongpok", Dona, Wendy, Yudi, Yana, Zamzam, Darul Mutaqin, Dadi, Yedi, Pupung, Devi Effendi, Epul Saepul Annas, Rivan, (Jika ada yang tidak tercantum saya mohon maaf sekali, saya benar-benar susah mengingatnya). 
        Teman-teman inget gak sih kalian pas kelas 3 itu kita dapet wali kelas pak ucup dan rameeee banget, isinya cuma ketawa aja yah walaupun agak galak, terus pas kelas 4 kita dapet wali kelas pak Cucu  dan kalo ngajar sukanya nyuruh anak muridnya buat nulis di papan tulis kalo gak ngediktein materi dan waktu itu saya berasa jadi sekretaris karena kerja saya cuma nulis sama diktein, bapak itu juga sering banget salah nama panjang nama saya berubah jadi yuli yuliana, nama ruli sama shaleh jadi sama-sama sugianto yang akhirnya kita bertiga ijazahnya harus dikoreksi haha, dan yang paling diinget adalah lahirnya nama panggilan "UKAH" buat egi, inget gak kalian asal muasal nama ukah-nya egi darimana? itu karena pas dikelas dulu egi sakit terus dia muntah dikelas jadi waktu itu pak Cucu ngasih nama penggilan buat egi.. what a shame ya, kasian tapi..hehe, beda halnya sama nama panggilan buat Indra nama panggilan itu saya yang bikin, saya bilang dia "beurit" atau tikus, gatau kenapa dulu manggil indra beurit mungkin karena kesel soalnya dia juga sering ngejailin saya.
         Kelas 5 wali kelas kita ibu Mae (Ibunya Gita), ada murid baru yang dateng tian pindahan dari bandung anaknya kecil pendek terus usil, dan orang yang sering banget dijailin itu Ai Santi dan ternyata tian suka sama santi, terus jadian aduh anak-anak udah pacaran aja ternyata.. Dulu pas SD kayaknya kerjaan saya itu olahraga terus, mulai dari badminton, main bola, sampai kasti (semacam bisbol), suka banget kita pas kelas 4 sama 5 tanding ngelawan kelas 6 kita terbilang pendek-pendek sedangkan lawan kita badannya udah gede-gede tinggi juga..hehe (Sayang banget kita gak punya foto kenangan ya teman-teman :( sekarang kalo kangen masa-masa itu bingung mau ingetnya gimana). Inget gak pas musim buku diary jaman dulu, dulu kita (Saya, Nova, Penia, Gita) beli buku diary juga terus diputer sekelas biar ngisi biodata wkwk lucu banget masih polos. Istirahat kita makan bubur di mang Omas harganya murah banget ya cuma 500 perak semangkok, dulu malah pas kita kelas 1 paling cuma 200 sampe 300 perak semangkok, ya ampun kalo sekarang cuma cukup buat beli permen sebiji doang... Jongkok dipinggir lapangan bola sambil makan bubur, terus jajan cilok, cimol sama bihun goreng nya bibi bihun, waah rasanya enak banget.. Ada mie keringnya mang Endut, terus gulali nya mang sadut, sampe es kado, es pisang coklat, banyak banget ternyata makanan yang dikangenin yang susah banget dicari sekarang oh iya sampe lupa es cendol mang ihin sampe cireng ny bi Umin juga jadi manu wajib pas istirahat... (Always miss them all).
      Sebuah sekolah kecil dengan sejuta kisah, disaat tidak ada satupun guru bahasa Inggris yang bertahan lama mengajar disini, sampai saya lupa namanya yang saya ingat hanya 2 guru yaitu Ibu Kurnia, dan Ibu Nia (sama-sama nia), guru pertama itu Ibu kurnia ibunya baik kita sekelas pernah diajak "ngeliwet" bareng dirumahnya, jalan kaki ternyata rumahnya jauh dan akhirnya kaki saya lecet-lecet tapi seruuu... Inget kalo nasi liwetnya masih belom mateng banget, makan dipinggir jalan bareng-bareng, angkut-angkut, terus masak bareng.. Oh I really really Miss you all :), guru kedua yang saya ingat adalah ibu nia, dia adalah orang pertama yang menyemangati saya bahwa belajar bahasa adalah hal yang menyenangkan dan dari beliau lah saya mulai menyukai bahasa inggris.
      Kelas 5 berakhir dengan adanya lomba menyanyi waktu itu yang ikut adalah Gita sempet kena protes karena Gita pas nyanyi kaku banget gerakannya hehe but You're the only one in our Class who has good voice, because our voice are really suck..hehe
      Kelas 6 menurut saya adalah masa yang paling berkesan dan berwarna disini nama wali kelas kami adalah Ibu Tita, banyak sekali cerita yang terjadi selama satu tahun terakhir sekolah dasar ini... Mulai dari pembagian bangku yang dirubah sesuai ranking dan digabung duduknya laki sama perempuan waktu itu saya satu bangku sama Egi Rizki "Ukah", Nova sama pupung , santi sama Ruli, kesananya lupa saya hehe, dikelas 6 ini saya mulai melihat fenomena keingintahuan anak-anak terhadap sesuatu yang baru seperti rokok. Oh iya saya lupa dikelas 6 ini juga ada murid baru pindahan dari bandung juga namanya Hery Hernawan, hery ini kakaknya tian tapi sekelas dan jadilah dia yang paling tua dikelas haha. Dikelas ada 2 kubu anak laki-laki sesuai tingkat kenakalannya, anak-anak yang rasa ingin tahunya besar itu ada beberapa orang lah saya tidak dapat menyebutkan tapi kalo anak-anak innocent yang baik itu isinya ada 4 orang dan mereka satu geng isinya egi, pupung, epul sama soleh. mereka dulu adalah tipe laki-laki yang dibully bukan cuma sama temen-temen laki yang lain tapi juga oleh saya dan teman-teman memang saya akui dulu saya itu galak, dan sedikit menyebalkan mungkin hehe..
     kemah pas jaman sd, entah kenapa guru mempercayai saya sebagai ketua regu wanita pas kemah itu padahal ya saya itu paling males yang namanya hal-hal seperti itu, kepala regu laki-laki ya bapak ketua murid dong alias teman sebangku saya, hari pertama itu aja udah harus menjelajah lokasi didaerah situ gede mana susah banget air disana yang akhirnta membuat saya tidak mandi, kita semua ngerasain capek banget hari itu dan dari 3 malam yang seharusnya itu saya hanya bisa bertahan satu malam saja dan setelah itu saya minta pulang (ketua regu yang tidak bertanggung jawab) tapi anehnya nova juga minta pulang haha.. dan akhirnya ketua regu diganti Ai Santi, an sepertinya ia lebih berbakat menjadi team leader daripada saya haha.
        Banyak sekali moment disana dikelas 6, ngeliwet dirumah ibu tita sampai saya terjun payung kesawah karena saking gak bisa diem, les dirumah bu tita sampe sore pas mau ujian, latihan drama buat acara perpisahan, latihan tari, lomba siswa beprestasi , LCT Mipa di SMPN 1 Tasikmalaya, Lomba Masak, Praktek melukis, sampai momen yang paling berbekas adalah ketika saya benar-benar bertengkar dengan salah satu teman kelas sampai ada acara saling meludah itu bener-bener marah dan sakit hati. Aaah pengen banget balik ke masa-masa itu, masa yang gak ada air mata sedih, isinya walaupun ada pertengkaran tapi baik lagi, momen dimana semuanya bisa berkumpul bersama jika ada acara apapun, momen dimana kita berjalan atau naik sepeda bersama, momen dimana kita rame-rame pas ngerayain ulang tahun salah satu anak, momen-momen dimana kita semua menjadi lebih dari hanya sekedar teman satu kelas.
      Im going to miss you alot guy, we haven't so much time to see each other now because of our own life, but I always wanna meet you all if we had a time someday, let' we held a reunion and be together again, share our story, share how'd you feel after became a mother and father, share a laughter and tears, now I feel that time when we're together in the past is the most valuable time during my School history, because you guys teach me how to be a friend without condition, teach me how to become more mature and all... you're my turning point even I found my dream... Success for Us, I Love you all, I hope we will meet up again really soon :)


Yuli Yuliani

Komentar