I cloud pengembangan sistem komputasi Awan

Kita mengenal komputasi awan atau cloud computing adalah adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis Internet (awan). Awan (cloud) adalah metefora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer.

kita dapat mengakses suatu data tanpa kita harus tahu dimana letak data tersebut, kita hanya perlu mencari data tersebut dengan pencarian yang menggunakan web, semacam menjelajah data base raksasa dimana kita dapat mendapatkan akses terhadap informasi yang kita inginkan. sebenarnya sistem komputasi awan ini sudah berkembang lama dan salah satu contohnya adalah Google doc yang disediakan oleh google, disana Google menyediakan aplikasi sejenis `microsoft office’ dengan pengolah kata, pengolah presentasi, dan lainnya yang dapat digunakan saat Anda masuk ke situsnya. Dokumen yang dibuat tersebut dapat langsung disimpan di Google dan dapat dibuka kapanpun dan dimanapun. Dikatakan sebagai ‘cloud’ (= awan) karena aplikasi dan datanya berada pada cloud web server.

sekarang cloud computing telah dikembangkan oleh beberapa perusahaan misalnya saja oleh Apple, cloud computing dikembangkan dan akhirnya menghasilkan apa yang disebut I-Cloud. I-Cloud adalah sejenis aplikasi yang dimiliki oleh Gadget Apple yang dapat menyimpan data tanpa perlu membutuhkan folder khusus yang kita buat di PC kita atau dengan kata lain sistem penyimpanan on line, karena data-data tersebut akan langsung tersimpan secara otomatis didalam  akun I-Cloud saja. namun sebelumnya kita memang perlu membuat akun I-cloud nya terebih dahulu maka setelah itu kita dapat menggunakannya , kita dapat menyimpan semua data tanpa harus menggunakan alat seperti flash disk lagi dan kita dapat mengakses data kita kapanpun dan dimanapun tanpa takut kalau lupa membawa flashdisk atau alat penyimpan data lainnya lagi.

Komentar