KENAPA?

Hari ini tanggal 20 Mei 2019 atau 15 Ramadhan,
Pagi ini ada kejadian yang mengoyak hati saya sebagai manusia, hampir kehilangan kata-kata saat menemukan sebuah kejadian yang miris sekali. Pagi ini seperti biasa saya akan pergi bekerja dan lewat jalan biasanya, lalu saya melihat ada 4 orang disana yang sepertinya sedang berselisih lalu saya memutuskan berhenti karena saya yakin salah satu diantaranya terluka, tertabrak salah satu orang diantara ketiganya. Saat saya berhenti Bapak-bapak yang sedang membonceng seorang perempuan lalu pergi meninggalkan 2 orang disana. 
" Ini ada apa?" saya bertanya kepada dia, anak remaja laki-laki yang terluka dibagian mata dan wajah
" Bapak itu nabrak saya teh"
" wah? terus tadi bagaimana? kok Bapaknya pergi?" saya heran kenapa tidak ada yang menahan Bapak yang pergi tersebut.
" Iya tadi saya sedang dijalan memang melaju cukup kencang, dan Bapak tadi berbelok langsung" dia menjelaskan kejadiannya.
" Lalu bagaimana ini? kamu bisa pulang? " saya bertanya lagi karena dia terlihat meringis dan saya yakin kebingungan.
" tolongin saya teh, boleh minta antarkan kerumah? rumah saya didekat SMA 10" Agak dilema karena pada saat itu saya akan berangkat bekerja, terus saya nanya ke orang yang menyaksikan kejadian dan ada disana pas sebelum saya datang.
" a bisa anterin anak ini sebentar?"
" Aduh saya juga lagi nunggu orang"

Akhirnya saya memutuskan untuk mengantar anak itu pulang dan menitipkan sepeda motornya pada orang yang sedang menunggu itu.

Gila, tega gak sih kalian meninggalkan seseorang yang sedang terluka tanpa ada yang berniat menolong begitu? dia sendirian, motornya rusak, gak bawa alat komunikasi dan kesakitan.
Kalau dipikir pasti kita akan menyalahkan anak itu toh dia yang mengebut, dari alasan itu saya terima anak itu yang salah, tapi lihat dia itu terluka dia tapi kenapa tega ditinggalkan begitu?
saya ingin sekali bilang " are you even a human?" apakah kamu menganggap diri kamu masih manusia ketika tanpa rasa bersalah dan kasihan meninggalkan seseorang yang terluka?

Saya bukan ingin bersikap heroik, ini jujur rasa kaget saya atas apa yang terjadi. Please, dunia ini memang keras, tapi bukankan manusia disebut manusia ketika mereka memiliki kemanusiaan?.
Saya bukan seorang aktivis kemanusiaan atau apapun tapi tolong kembali kepada fitrah kita sebagai manusia dan mahluk Tuhan.
Menjijikan sekali kalau manusia sudah kehilangan rasa kemanusiaannya...
Masih pantaskah disebut sebagai manusia?




Komentar