New Zealand Setor Public Accounting System

sistem akuntansi di beberapa negara maju juga menggunakan sistem akuntansi accrual basis seperti di negara New Zealand atau Selandia baru.

Reformasi Manajemen Keuangan Pemerintah
Komitmen untuk Perubahan
Dukungan dari para pemimpin di sektor publik, baik politisi maupun birokrasi,
adalah faktor kunci di dalam keberhasilan implementasi rezim manajemen
keuangan baru. Pada level stratejik, komponen-komponen di dalam perubahan
(reformasi) diatur sedemikian rupa sehingga menghasilkan manfaat lebih awal baik
untuk birokrasi maupun para menteri, merefleksikan perbedaan hasil dikaitkan
dengan perbedaan elemen perubahan, dan mempertimbangkan isu-isu hubungan
antara treasury dan lembaga-lembaga pemerintah lainnya. Di awal proses, birokrat
sudah menerima output atau manfaat dari departemen/lembaga yang mereka
jalankan tanpa harus mengacu pada persyaratan prosedur detil yang ekstensif
sebagaimana diatur dalam aturan-aturan perbendaharaan (treasury) dan pedoman
pelayanan publik.

Penerapan di Departemen
Departemen secara individu menerima persetujuan untuk berpindah ke sistem
yang baru. Untuk departemen secara individu, semua elemen kunci dari sistem baru
yaitu penganggaran akrual, proses apropriasi, dan proses pelaporan berubah pada
saat yang sama. Perubahan tersebut mencakup:
􀁸 spesifikasi oleh setiap departemen/lembaga (konsultasi dengan treasury) atas
kelas-kelas output secara luas, yang akan menjadi basis untuk apropriasi
berbasis akrual;
􀁸 setiap departemen/lembaga mengembangkan sistem akuntansi berbasis akrual
yang dapat menyediakan pelaporan bulanan kepada menteri dan treasury dan
laporan tahunan kepada parlemen (dan publik). Laporan bulanan meliputi satu
set laporan keuangan dan juga laporan mengenai realisasi belanja terhadap
apropriasi (anggaran).
􀁸 pengembangan sistem alokasi biaya (cost) sehingga memungkin alokasi
seluruh biaya input departemental ke output. Alokasi biaya termasuk biaya
overhead, penyusutan dan biaya modal.
􀁸 pengembangan sistem manajemen kas, termasuk pembukaan rekening bank
departemental; dan
􀁸 kepala eksekutif departemental bertanggung jawab secara penuh atas
manajemen keuangannya masing-masing, mencakup integritas dari informasi
yang mereka berikan kepada menteri dan treasury.
Undang-undang memberikan waktu dua tahun kepada departemen-departemen
untuk mengembangkan sendiri sistem yang berbasis akrual, dalam kenyataannya
sebagian besar departemen sudah siap dengan sistem akrualnya dalam waktu satu
tahun, sedangkan secara keseluruhan departemen sudah siap dalam waktu
19
delapan belan bulan. Selama proses perubahan berlangsung di departemendepartemen,
treasury memainkan peranan kunci antara lain:
􀁸 mengkomunikasikan aktivitas-aktivitas sebelumnya;
􀁸 melakukan pengendalian mutu melalui spesifikasi kelas-kelas output;
􀁸 penetapan sistem manajemen kas pusat dan menetapkan kontrak untuk
pelayanan bank pemerintah;
􀁸 pengembangan satu set parameter kebijakan akuntansi, menyesuaikan dengan
konstrain-konstrain kebijakan akuntansi departemental (tugas ini
disederhanakan dengan penggunaan GAAP yang memberikan rerangka untuk
pengembangan parameter kebijakan akuntansi spesifik);
􀁸 memberikan persetujuan kepada departemen yang siap untuk berpindah ke
sistem baru (keyakinan/assurance diberikan oleh Financial Management
Assurance).
Staf Akuntansi
Undang-undang Keuangan Publik mengharuskan disusunnya laporan
keuangan oleh pemerintah Selandia Baru (laporan konsolidasian) dan oleh setiap
departemen pemerintah dengan berpedoman pada prinsip-prinsip akuntansi yang
berterima umum (PABU/GAAP). Penggunaan PABU sangat memfasilitasi
penerapan akuntansi di pemerintahan, dan akan memberikan hasil terbaik
dengan didukung oleh orang-orang yang terlatih/berpengalaman, software, dan
sistem.
Di samping itu, Pemerintah Selandia Baru memiliki sebuah badan akuntansi
profesional yang terdiri dari akuntan praktisi, akuntan korporat dan akuntan
sektor publik. The Institute of Chartered Accountans of New Zealand (kemudian
menjadi the New Zealand Society of Accountans) tertarik dan mendukung
proses reformasi. Para anggota yang enerjik telah mencurahkan waktu yang
banyak untuk mengorganisasikan konvensi-konvensi dan memberikan
dukungan maupun pelatihan.
20
Sistem Akuntansi
Aktivitas besar selama masa reformasi adalah melakukan kontrak signifikan
antara departemen departemen dengan perusahaan-perusahaan akuntansi dan
penyedia software untuk mendukung sistem informasi dan manajemen keuangan.
Persyaratan untuk penyajian laporan kepada menteri dan Treasury relatif mudah
untuk ditentukan spesifikasinya, tetapi spesifikasi untuk memenuhi kebutuhan
internal para manajer masih sulit ditentukan mengingat masih kurangnya
pengalaman para manajer dalam rejim yang baru. Tidak disediakan dana khusus
untuk pengembangan lebih lanjut dari sistem akuntansi yang telah dibangun di
awal, tetapi lebih karena adanya keuntungan/surplus akibat efisiensi.
Salah satu keuntungan dari sistem akuntansi akrual adalah bahwa aktivitasaktivitas
seperti komitmen atau order pembelian, penggajian, aset tetap, kreditor dan
debitor menjadi dapat diintegrasikan ke dalam satu sistem, sehingga mengurangi
proses ganda dan masalah rekonsiliasi yang biasa terjadi bila digunakan sistem
yang terpisah. Penghematan waktu dari sistem baru ini menjadi ciri yang utama.

berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang accrual basic di beberapa negara...

sistem akuntansi berbasis akrual di beberapa negara maju


Komentar